We are SI


We are SI never afraid of anything
We are SI together we unbeatable
We are SI, SI always be number one

Alhamdulillah, hari Sabtu, 11 November  kemarin bisa ikut study banding HIMSI Universitas Airlangga ke EMSI Universitas Brawijaya. Beruntung bisa bertemu dan bertukar ilmu bersama teman-teman seperjuangan jurusan S1 Sistem Informasi.

Kalau dilihat dari struktur fakultas, SI UNAIR dan SI UB berada di fakultas yang berbeda, SI UNAIR di Fakultas Sains dan Teknologi, sementara SI UB dalam naungan Fakultas Ilmu Komputer bersama jurusan Teknik Informatika. Tapi keduanya memiliki kesamaan asal dari FMIPA. Selain itu SI UB juga sudah mempunyai forum keluarga yang mereka sebut KBMSI (Keluarga Besar Mahasiswa Sistem Informasi), dan EMSI di bawah itu.

Senyum, Salam, Sapa
Nilai yang sering diterapkan di suatu organisasi, tak terkecuali HIMSI dan EMSI. Kita disambut oleh barisan mahasiswa yang menyalami, memberi senyum, dan mengucap selamat datang mas mbak. Sebelumnya agak ragu, sungkan, atau risih saat diajak salaman lawan jenis. Tapi sebagai cara untuk menghormati mau tak mau harus memberikan sambutan yang baik juga. Di akhir acara pun kita juga diperlakukan yang dengan ucapan terima kasih.

Kita bertemu di gedung kuliah yang menurutku pasti lebih baik dari ruang-ruang di FST UNAIR, ini jujur dan fakta, hehe. Tapi ada yang lebih unggul di FILKOM UB, yaitu adanya gazebo yang epic dan memadai dengan jumlah yang banyak, sehingga mungkin bisa menambah semangat belajar. Tapi dari pengamatan kemarin sih dominan ngegame.

Web
SI UB sudah lebih unggul dalam web dan aplikasi android yang dikembangkannya. Mereka mengelola domain sendiri untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatannya. Alasan mereka membeli domain sendiri, karena mereka pikir jika domain universitas dipakai untuk pemakaian data yang berlebih akan mengalami down, dan berdampak terhadap kegiatan yang mereka. Penggunaan web pribadi akan sangat memudahkan jika diterapkan di HIMSI. Seperti untuk agenda Bank Soal, mahasiswa SI tidak bingung-bingung untuk mencari referensi soal UAS, tinggal buka di web http://kbmsi.filkom.ub.ac.id/. Selain itu web juga bisa digunakan untuk branding jurusan SI melalui kegiatan ALPRO (Algoritma and Programming Olympic)

Penyajian mereka saat menerangkan SI UB sangatlah lugas dengan gambar yang menarik pula. Mereka mempunyai sederetan proker yang inovatif, maka tidak heran EMSI mendapat gelar sebagai HIMA terkreatif di UB tahun 2016. Untuk detail prokernya bisa dilihat di kbmsi.or.id. Memang EMSI sendiri sudah berdiri sejak tahun 2010, sementara HIMSI baru lahir pada tahun 2014.

Karena aku berada dalam bidang keilmuan HIMSI, di sini akan sedikit menerangkan bagian itu. Pertama sistem PKM kita mempunyai kesamaan, diawali dengan kewajiban membuat PKM saat maba. Dan kewajiban itu tak mempunyai konsekuensi yang berarti saat maba gagal untuk membuat PKM yang baik, hanya dibiarkan dan maba bisa mendapat sertifikat kelulusan PPKMB atau ospek.

Sedikit lagi, HIMSI masih unggul dalam memperhatikan maba terkait urusan akademiknya. Dengan adanya agenda tutoring mata kuliah yang dirasa sulit, sedikit bisa membantu maba dalam perkuliahan. Dan ada satu hal yang asyik banget, EMSI itu punya jargon yang kreatif yang bisa memicu semangat para anggotanya. Salah satunya yang kutulis di atas.

Dan study banding kita diakhiri foto bersama sambil meneriakkan jargon masing-masing. 
Semoga makin menambah inspirasi dan silaturahmi kita...


Comments

Popular Posts