Hobi Menulis Buku Harian

Buku Harian
        
 Buku Harian atau Diary adalah catatan kejadian yang kita alami sehari-hari. Kita menulis kejadian yang lucu, menyenangkan, konyol, menyedihkan, membanggakan pada hari ini pada buku diary. Fungsi diary adalah sebagai kenangan masa-masa yang pernah kita alami. Bisa juga sebagai momento/sejarah kehidupan kita. Seiring dengan perubahan zaman yang terlalu cepat sehingga perubahan tersebut membuat individu semakin stress entah dengan kariernya, orang lain, atau keluarganya, Diary atau buku harian pun berubah fungsi dari sekedar menyimpan kenangan menjadi sebuah media untuk mencurahkan perasaan seseorang atas masalah yang dihadapinya. Menurut Alice D. Domar, menulis buku harian adalah sebuah langkah untuk mengungkapkan emosi dan perasaan kita dan membantu kita untuk merawat pikiran kita. Juga dengan berkembangnya teknologi, buku harian sekarang tidak hanya ditulis pada secarik kertas namun juga bisa berupa data di komputer atau notebook bahkan ada yang berupa fasilitas daring untuk menulis buku harian di Internet.
          Menulis buku harian bisa menjadikan kita lebih senang untuk menulis dan meningkatkan kita untuk mengarang cerita, bahkan kita bisa menjadi penulis jika kita mengumpulkan diary yang telah kita tulis dan ditawarkan ke penerbit. 
          Buku Harian sifatnya pribadi, artinya seseorang pun tidak boleh membaca isi buku harian melainkan jika telah dipublikasikan. Kita bisa menjaga kepribadiannya dengan berbagai cara, misalnya menyimpannya di tempat yang tersembunyi dan tidak diketahui orang lain. Jika diary kita dibaca orang lain mungkin kita bisa dimusuhi orang tersebut, jika isi diary yang tulis berupa kisah percintaan yang membuat orang tersebut cemburu. Atau malah tertawa terbahak-bahak saat membaca pengalaman konyol kita.jghjj
          Salah satu artis yang suka menulis buku harian sejak kecil adalah seperti dibawah ini.
Oki Setiana Dewi
          Oki Setiana Dewi seorang yang memerankan tokoh Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih. Minggu, 10 April 2011 melakukan bedah buku berjudul 'Melukis Pelangi' yang ditulisnya sejak kecil di lapangan senayan. Kelihaian Oki dalam merangkai kata bukan hal yang baru dijalaninnya sekarang. Menurut pelantun Karena Hati Bicara itu, dirinya sudah sejak kecil berkecimpung di dunia tulis menulis.  Kegemaran anak sulung dari tiga bersaudara ini mengeluarkan pikirannya dalam bentuk tulisan karena dia bukan tipe orang yang gampang berbicara dengan orang lain. Lantas karena idenya itu, Oki kecil sudah mampu membuat teman seusianya membeli hasil karyanya berupa cerita fiksi. Buah dari kesukaannya menulis menghasilkan sebuah perpustakaan mini di depan rumahnya di Batam.


Jadi bagaimana dengan anda???!!!


Sumber :
http://id.wikipedia.org
http://www.google.co.id

Comments

Popular Posts