FSTalks - Sebuah Project Impian

-->

Ada banyak project di bidang media yang menjadi impianku dan menunggu untuk diwujudkan. Salah satu yang sudah terwujud adalah membuat video wawancara. Dalam hal ini aku sangat terinspirasi banget oleh karya-karya yang dihasilkan Najwa Shihab dan tim. Di channel Youtube-nya (Narasi tv, Najwa Shihab) sekarang ada banyak macam video, salah satunya wawancara dengan orang-orang keren.

FSTalks adalah project bertajub Talkshow bersama mahasiswa berprestasi dari Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR. Di setiap kepengurusan pastinya ada satu program yang diunggulkan dari masing-masing departemen, dan itu tergantung dari kadepnya. Maka, FSTalks menjadi program yang pertama kali ada di BEM FST UNAIR.

FSTalks 1.0 – Wahyu Syifa’ul Mubarok
Bukan perkara yang sulit untuk mencari mahasiswa keren di FST. Narasumber yang pertama adalah Wahyu Syifa’ul Mubarok dari jurusan Fisika 2016. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ia merupakan mahasiswa yang selalu meraih juara jika ikut suatu perlombaan, khususnya di bidang kepenulisan ilmiah. Maka tema yang diangkat kali ini adalah tentang kepenulisan ilmiah.

FSTalks 1.0 bersama Wahyu Syafi'ul Mubarok

FSTalks merupakan tempat untuk branding FST yang dipersembahkan oleh BEM FST. Maka selain narasumbernya dari FST, host dan timnya berasal dari departemen media dan informasi sendiri. Kali ini yang bertugas sebagai host adalah stafku, Adelia Devi Kimia 2017.

Dan terlaksanalah syuting perdana pada tanggal 23 Februari 2018. Adapun peralatan syuting main camera Canon 800D dan kamera Canon prosumer, mic rode, dan di tempat yang sederhana, sekretariat BLM FST. Kendala yang paling mencolok dalam syuting perdana kali ini adalah tempat yang kurang cahaya, sehingga videonya pun banyak noise. Syuting berlangsung selama kira-kira 2 jam, lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.



Selanjutnya adalah tahap editing. Ekspektasi editing ini berlangsung selama 2-3 minggu. Dan akhirnya terupload pada 24 Maret 2018. Videonya bisa teman-teman lihat di channel Youtube BEM FST UNAIR.

FSTalks 2.0 – Evangellina Tessia Pricilla
Tantangan yang chapter 2 adalah menghadirkan yang beda dan harus lebih baik dari chapter sebelumnya. Untuk beda aku mengambil narasumber harus seorang mahasiswi, dan ketemulah Evangellina Tessia dari Teknik Biomedis 2016. Dia mempunyai 20 lebih karya novel, dan yang terbaru berjudul Ghost Dormitory in London yang sudah beredar di Gramedia terdekat.

Nah untuk unsur lebih baik, aku berkaca dari kekurangan sebelumnya, yaitu masalah tempat. Maka diputuskan untuk chapter ini mengambil tempat outdoor tapi masih di FST. Cukup sulit untuk mencari tempat yang estetik di UNAIR, dan akhirnya diputuskan di sebuah gazebo parkiran.

Untuk tema season 2 kali ini hampir sama dengan sebelumnya, sebenarnya ada keinginan untuk lebih mengambil sisi bakat seni, berhubung sulit untuk menemukan mahasiswa yang jago akademik tapi juga punya bakat di bidang seni di FST. Maka ambil tema kepenulisan lagi, tapi di bidang non ilmiah.



Syuting chapter 2 ini berlangsung pada 16 September 2018. Kali ini yang menjadi host adalah Hasna Nadhifah dari Matematika 2017. Syuting berlangsung sekitar 3 jam dengan suasana pagi yang masih menyegarkan. Rig yang digunakan adalah main camera Canon 800D, second camera Lumix G7, dan third camera DSLR D3100. Cukup lancar dan menghasilkan gambar yang memuaskan.

Untuk editing chapter kali cukup lama, molor dari jadwal seharusnya. Dan akhirnya baru terupload pada 15 Desember 2018.




Sebuah cita-cita
Adalah harapan kedepannya bisa membuat project seperti ini dengan orang yang lebih keren lagi. Mulai dari rektor, selebgram, bahkan mungkin mbak Najwa Shihab. Tujuan utamanya adalah sharing dan berbagi cerita kepada orang lain.

Maka, mudahkanlah dirimu untuk selalku bersyukur. Dan berbagi adalah salah satu cara untuk bersyukur.

Comments

Popular Posts