Menyusuri Air Terjun Hyang Darungan


Kamu mau ndaki ke Gunung Argopuro, tapi gak mampu? Coba aja berkunjung ke air terjun ini yang terletak di lereng Gunung Argopuro.

ada dinosaurus, waw

Saat pertama memasuki wisata ini, tidak terasa aroma air terjun yang menyejukkan dan menyegarkan, bahkan udara panas dan teriklah yang mendominasi. Karena memang air terjun ini masuk di kawasan perkebunan ayerdingin milik pemerintah maupun warga setempat. Masuk disambut dengan gapura selamat datang di taman hidup. Yang letaknya tersebut di Gunung Argopuro sendiri (cmiiw).

pintu masuk/loket masih sangat sederhana


Masuk disambut dengan jalan makadam (belum diaspal) yang membuat mindset dibentuk seperti tidak memasuki wisata yang terkenal dan keren. Banyak rumah warga sekitar yang biasa-biasa saja menurutku, kandang sapi pun masih nyaman bertengger di pinggir jalan menuju air terjun ini. Maka dari itu, jika kamu penasaran bisa merasakan memerah susu sapi milik warga sekitar pada pagi dan sore setiap harinya.


Oke, langsung ke perjalanan jalan kaki menuju air terjun yang panas dan gersang –saat itu-. Tanaman wortel mendominasi jenis tenaman yang ditanam oleh warga sekitar. Butuh waktu sekitar 1 jam dari dari parkiran ke sungai menuju air terjun, jalannya menanjak dan setapak. Maka tak heran belum banyak wisatawan yang mengunjungi air terjun ini.
jalan pipa
Air terjun pertama yang beda menurutku, karena harus menyusuri sungai yang lumayang panjang, selain Air terjun Madakaripura, tapi yang ini memacu adrenalin lintasannya. Kita bisa menyusuri pipa air minum yang terpasang sampai ke air terjunnya, atau lewat jalan setapak. Tak heran airnya sangatlah jernih. Sekitar 500 m berjalan di atas pipa, sampailah di air terjun.


Dinginnya air terasa sampai menusuk tulang kaki, gak kebayang gimana rasanya kalau mandi di situ. Area air terjun ini lumayan luas sehingga bisa leluasa untuk mencari spot foto yang epic. Di sini juga sangat cocok untuk bersantai sambil nyemil-nyemil.

Tips saat berkunjung kesini, bawalah teman ngobrol yang asik, jangan Cuma berdua deh, biar gak krik-krik. Jangan berkunjung saat cuaca mendung, karena tidak ada tempat untuk berteduh dan berbahaya. Selamat berfoto ria

Comments

Popular Posts