Sosialisasi Kampus, bukan sekedar Cara tetapi Motivasi untuk Kuliah

Hal yang sering ditanyakan saat bertemu dengan siswa SMA kelas XII berkaitan kuliah adalah bagaimana cara memilih jurusan yang pas. Tapi tenang, banyak jawaban atas pertanyaan tersebut. Karena banyak alumni yang perhatian dengan senang hati membagikan pengalamannya memasuki dunia kuliah. Walaupun beda-beda jawabannya dikarenakan berasal dari pandangan masing-masing dan belum teori yang menjelaskan mengenai kuliah dengan jelas.

Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh para siswa kelas XII di dari sekolah-sekolah unit Pesantren Tebuireng. Saat itu diadakan Sosialisasi Kampus bersama secara serentak yang diikuti oleh himpunan mahasiswa alumni Tebuireng dari berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa organisasi yang terlibat yaitu HIKMAT, PAHAT, HIMASAKTI, HIMATIS, KWAT, MANTEB, dan IMJ.

Bukan sekedar Cara, tapi lebih dari itu Motivasi untuk Kuliah
Karena tak semua siswa memandang kuliah itu perlu dan menyenangkan, banyak yang berpikiran bosan untuk berkutat pada buku lagi, sama kaya SMA dong. Tugas para alumni adalah untuk memberikan pemahaman dunia kuliah kepada adik-adiknya.

Saya yakin pasti semua siswa SMA kelas XII paham akan apa saja tahapan dalam memasuki perguruan tinggi, mulai dari seleksi, tes, dan pembagian jurusannya. Maka dari itu harus ada yang diberikan lebih yang tidak bisa didapat melalui website, brosur, pamphlet, yaitu motivasi. Motivasi bisa berasal dari pengalaman yang dikemas dan disampaikan dari sudut pandang yang menarik.

Kuliah itu sebenarnya lebih bebas daripada di SMA. Dari mulai pemilihan mata kuliah, waktu kuliah, tugas, dll. Tapi semua itu tetap harus mengacu kepada peraturan yang berlaku. Waktu kuliah senin sampai sabtu, lebih banyak libur daripada SMA.

Jika masa kuliahmu hanya digunakan untuk mengikuti pelajaran di kelas maka kamu akan rugi. Karena ada hal yang lebih berguna daripada belajar di kelas saat kamu di masyarakat nanti. Salah satunya dengan berorganisasi. Karena kurang bermanfaat jika kita punya ilmu tapi tidak bisa menyampaikan ke orang lain. Sebagai contoh kita belajar kimia dengan rajin, tapi hanya untuk diri sendiri. Ilmu penyampaian itu bisa didapatkan dengan berani berbicara di depan umum saat berorganisasi.


Agar kuliah terasa Menyenangkan
Saat pertama kali akan kuliah tentukan dulu apa manfaat kesenangan yang ingin kamu dapatkan saat kuliah. Apakah dari lokasi kampus, popularitas kampus, kurikulum kuliah, atau tipikal mahasiswanya. Bahwa kuliah bukan hanya belajar di kelas maka ada banyak hal lain yang bisa kita dapatkan saat kuliah. Banyak mahasiswa yang memutuskan untuk ikut SBMPTN ulang karena merasa tidak cocok dengan jurusan yang ia pilih.

Alasan itu ada benarnya karena bisa jadi sudah mencoba tes berkali-kali untuk masuk jurusan itu tapi tidak berhasil. Tapi bagaimana mensiasati agar tetap bisa kuliah terasa menyenangkan. Teman bisa menjadi alasan kenapa kamu suka kuliah di jurusan itu. Padahal sebelumnya sulit untuk memahami fisika, setelah ketemu doi fisika jadi lebih berwarna.

Kuliah berdasarkan Hobi
Salah satu hal yang paling menyenangkan dalam hidup adalah mendapatkan penghargaan dari hobi yang kita lakukan. Maka salah satu cara yang tepat untuk mengasah hobi itu adalah melalui kuliah. Caranya identifikasi apa hobi yang kamu punya, cocokkan apa yang perlu diasah sehingga hobimu bisa lebih berkembang. Misal kamu punya hobi desain, maka untuk bisa membuat desainmu lebih keren ilmunya bisa didapatkan dengan kuliah di jurusan DKV, Desain Interior, dll. Desainmu juga lebih bisa bermanfaat untuk masyarakat dengan melihat penelitian yang ada.


Nah, masih banyak keresahan yang dihadapi siswa SMA kelas XII menjelang Ujian Nasional, SNMPTN, dan SBMPTN. Banyak hal yang harus disiapkan salah satunya dengan belajar yang rajin dan jangan lupa berdoa berharap diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. 

Comments

Popular Posts