Dari Passion untuk Mimpi


“Berdasarkan pada passion, kalau semuanya dikerjakan dengan sungguh-sungguh insyaallah akan berhasil”, (Ira Puspitasari, 2017).

Masih dengan kuliah Etika Profesi, tapi dengan dosen yang berbeda. Di semester 5 ini ada beberapa mata kuliah yang diampu oleh 2 dosen yang berbeda yang dibagi berdasarkan waktu mengajar, ada sebelum UTS dan setelah UTS. Kali ini kami diajar oleh Bu Ira Puspitasari, salah satu dosen lulusan Osaka University.

Kuliah kali salah satunya membahas tentang macam-macam profesi yang terkait dengan system informasi. Maka dari itu kami diberikan untuk menuliskan 3 profesi yang diimpikan beserta langkah apa yang telah lakukan untuk dapat mencapai itu. Ini berkaitan dengan kemampuan untuk bermimpi, seperti dulu saat kita masih di bangku SD kita dengan mudah menyebutkan cita-cita, pilot, guru, dokter bahkan presiden.

Sesuai dengan passion-ku maka list pertama yang kutulis adalah bekerja di bidang creative media. Lalu langkah apa yang telah kulakukan untuk mencapai itu? Dari mulai mengolah media organisasi/instansi, belajar editing video, desain grafis, dan fotografi. Daftar selanjutnya yaitu web developer, ini merupakan profesi yang paling berkaitan dengan system informasi di daftarku. Dalam anganku untuk menjadi web developer bisa dimulai dari tugas kuliah yang mengharuskan membuat project seperti aplikasi android, web, yang intinya berkaitan dengan programming. Untuk definisi jelasnya mengenai tugas seorang web developer mungkin bisa teme-temen lihat di google.

Dan yang terakhir ya yang kulakukan kali ini, menjadi penulis. Tentang jenis penulis apa aku belum bisa menuliskannya secara spesifik. Yang penting sekarang aku belajar menulis, dimulai dari menulis hal-hal yang mudah, tak perlu materi yang mengharuskan referensi yang terpercaya. Karena sejatinya penulis yang unggul merupakan orang yang gila baca. Jadi harus dimulai dengan suka membaca sih..

Berdasarkan kertas yang kami kumpulkan, banyak di antara teman-teman yang menuliskan pekerjaan teknisi di bidang system informasi, mulai dari game developer, system analis, web designer, dll. Tapi gak banyak yang menuliskan untuk menjadi dosen. Kenapa?

Bu Ira melanjutkan dengan memberi sebuah cerita pengalaman seorang temannya. Jadi ada temannya yang hobi banget dengan game, passion tersebut berlanjut sampai dia menjalani tesis. Dia membuat penelitian mengenai perbedaan rasa takut, kaget, dan surprise. Cara pengujiannya menggunakan sebuah game mampu menghadirkan emosi tersebut. Emosi yang dihasilkan oleh teman-temannya saat memainkan game tersebut kemudian diteliti. Penelitian difokuskan kepada perbedaan gelombang otak yang dihitung sedemikian rupa menggunakan aplikasi untuk diteliti apakah bagaiman perasaan senang, kaget, sedih bisa diamati melalui gelombang otak sehingga bermanfaat untuk masyarakat, misalnya para psikolog. Dan setelah penelitian itu, dia berhasil direkrut oleh Capom dan kuliah  di Osaka University. Semua karena passion.


Maka dari itu, buat temen-temen silahkan beraktivitas mengembangkan diri sesuai minat dan bakat masing-masing, dan kalian suka itu. Dan terakhir beliau berpesan, jika kalian punya passion maka tekunilah, jika kalian sungguh-sungguh, Insyaallah berhasil.

What we learn with pleasure, we never forget. -Alfred Mercier-

Comments

Popular Posts