Resensi Buku "80 Ilmuwan Besar Dunia Bidang Fisika dan Biologi"


Judul buku      : 80 Ilmuwan Besar Dunia                   Bidang Fisika dan Biologi
Penulis              : Budiatul Muchlisin Asti
Penerbit            : Buku Biru
Cetakan          : I, Maret 2010
Tebal               : 283 halaman

Penulis Budiatul Muchlisin Asti menulis buku ini diilhami oleh kenangannya ketika masa sekolah dulu. Dia telah mempelajari berbagai teori yang disampaikan oleh para ahli dan ilmuwan terkemuka dunia, terutama bidang fisika dan biologi. Namun ia tidak pernah mengetahui riwayat hidup mereka. Dalam buku ini, pembaca diajak untuk mengetahui riwayat para ahli dan ilmuwan tersebut. Termasuk bagaimana mereka dapat menemukan berbagai teori dan penemuan yang berguna bagi kehidupan manusia di dunia.
Pada kesempatan ini saya meresensi buku “80 ilmuwan besar dunia” ini, karena buku tersebut telah menorehkan serangkaian kisah yang sungguh informatif, motivatif, inspiratif. Kisah itulah yang menggerakkan saya meresensi buku ini.
Sisi lebihnya, buku ini menyajikan biografi praktis tokoh-tokoh besar dunia dalam bidang fisika dan biologi. Disusun secara biografis, mulai masa kecil, pendidikan, penelitian, dan penemuannya yang dahsyat. Mulai Alessandro Volta (penemu baterai), Aristoteles (guru para ilmuwan), Galileo Galilei (penemu teleskop), Isaac Newton (penemu gaya gravitasi), Archimedes (penemu hukum archimedes), Benjamin Franklin (penemu penangkal petir), Thomas Alva Edison (penemu bola lampu modern), dll. 
Membaca perjalanan hidup orang-orang hebat dari masa lalu selalu menghadirkan inspirasi bagi kita yang hidup di masa kini atas kerasnya perjuangan, komitmen, dan kegigihan mereka. Orang-rang besar itu selalu memiliki semangat belajar yang sangat tinggi, kesungguhan, dan kerja keras pantang menyerah untuk menghasilkan teori atau penemuan.
Bagaimana seorang ilmuwan, yang lahir dari keluarga miskin, hidup menderita, tanpa harta dan pendidikan, namun mampu mempersembahkan sesuatu hal yang sangat penting bagi dunia ilmu pengetahuan masa kini. Semua itu sungguh merupakan sumber inspirasi dan motivasi yang luar biasa berharga bagi kita.
Dari total 283 halaman yang berisi 80 biografi para ahli dan ilmuwan besar dunia, ada sebuah biografi ilmuwan yang sangat menginspirasi saya. Seorang ilmuwan yang bernama Thomas Alva Edison (hal 250). Pada saat masih kecil Alva dianggap memiliki kelainan, karena sampai umur 4 tahun ia belum bisa berbicara. Alva bersekolah ketika menginjak usia 7 tahun. Di sekolah dia sangat dibenci gurunya karena dianggap aneh. Karena sifatnya itu ibunya mengeluarkan Alva dari sekolah, dan ibunya berinsiatif mendidiknya dirumah.
Dalam pengajaran ibunya, Alva berubah drastis. Dari si “bodoh” menjadi si “cerdas”. Ia mulai dapat membaca dan menulis. Bahkan di usia 15 tahun, ia sudah bekerja sebagai operator telegraf. Selama hidupnya, Alva telah melakukan 1093 penemuan. Penemuan pertamanya terjadi saat usianya 16 tahun, yaitu sebuah alat yang disebut automatic repeater ( pengulang otomatis). Penemuan terakhir Alva ialah penemuan yang terbesarnya, yaitu bola lampu modern, yang merupakan penemuan penting yang berguna bagi manusia di seluruh dunia.
Setiap sesuatu ada kelebihan pasti ada kekurangan. Dalam buku ini, tidak dijelaskan secara detail tahun ilmuwan menemukan penemuan terbesarnya. Buku ini sangat cocok dibaca siapa saja, mulai siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, hingga mahasiswa, yang ingin memperoleh informasi, motivasi, dan inspirasi dari kehebatan para tokoh genius. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts