Fenomena alam "Supermoon"


Jangan salah lho "Supermoon" bukan "Superman" ya... supermoon adalah suatu peristiwa alam yang terjadi saat jarak antara bumi bulan berada sangat dekat dari biasanya. Menurut informasi yang saya dapat peristiwa langka ini  hanya terjadi 18 tahun sekali, dan tahun ini supermoon terjadi pada malam Minggu, 19 Maret 2011. Saat fenomena supermoon terjadi, bulan akan terlihat 7 persen lebih besar dari biasanya.

Dalam dunia astronomi, kedudukan antara bumi dan bulan dibedakan menjadi dua, titik terjauh disebut apogee dan titik terdekat disebut perigee. Supermoon bukanlah peristiwa yang berhubungan dengan astronomi melainkan merupakan kejadian astrologi. Fenomana ini terjadi karena bulan sedang mengalami puncak purnama dan juga dalam keadaan perigee.

Di internet dijelaskan fenomena alam ini akan terjadi pada pukul 19.10 GMT atau hari ahad, 19 Maret 2011 pukul 02.10 WIB, jarak bulan berada pada 356,577 km dari bumi, puncak purnamanya terjadi sejam yang lalu atau jam 01.10. Kabar di internet juga mengaitkan peristiwa ini dengan gempa bumi yang terjadi di Jepang Jum`at, 11 Maret 2011 lalu, namun anggapan itu dibantah oleh astronom karenaefek dari "supermoon" sangat kecil.

Fenomena ini dapat dilihat langsung dengan mata telanjang, tetapi untuk membedakan kegemukannya harus menggunakan alat bantu teleskop. Cara melihat pemandangan terbaik ini seseorang harus memilih tempat yang lapang dengan keadaan gelap.

Tetapi fenomena ini juga perlu diwaspadai karena gaya tarik bulan pada bumi pasti akan menjadi lebih kuat, dan memungkinkan terjadinya banjir rog yang legih besar dari biasanya. Pengaruh lain adalah meningkatnya aktivitas seismik dan gunung berapi. Namun, sekali lagi efeknya sangat kecil. Jim Garvin dari Goddard Space Flight Center NASA di Greenbelt bahkan mengatakan, "Super dalam supermoon hanyalah karena penampakan yang lebih dekat."

Comments

Popular Posts