Kota Reog " Ponorogo "

Ponorogo adalah suatu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai banyak keunikan, berasal dari kata : Pana (mengerti) dan raga (awak/badan) jadi Ponorogo maksudnya : orang yang dapat menempatkan dirinya di hadapan orang lain.

 
<< Keunikan Ponorogo >>

Larung di telaga Ngebel

Ponorogo sering dijuluki dengan kota reog.Karena daerah ini merupakan tempat lahirnya kesenian reyog, yang kini menjadi icon wisata Jawa Timur. Setiap tanggal 1 Muharam Suro, kota Ponorogo diselenggarakan Grebeg Suro yang juga merupakan hari lahir Kota Ponorogo. Dalam even Grebeg Suro ini diadakan Kirab Pusaka yang biasa diselenggarakan sehari sebelum tanggal 1 Muharram. Kirab Pusaka merupakan kegiatan mengarak pusaka peninggalan kerajaan wengker bersama pawai remaja dan pejabat  pemerintahan ponorogo berangkat  makam batoro katong menuju pendopo kota ponorogo.
Malamnya diselenggarakan festival reog, esok paginya disekenggarakan larung di telaga Ngebel yaitu melarung kepala kerbau dan nasi tumpeng ke tengah-tengah danau.
            




Telaga Ngebel

Talaga Ngebel
Sebuah obyek wisata yang terletak sekitar 25 km di timur kota Ponorogo. Ngebel ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau saat libur panjang. Medan untuk sampai ke telaga ngebel cukup sulit banyak tikungan dan tenjakan, tetapi wajar karena telaga ngebel terletak di gunung wilis pada ketinggian, disana sangat cocok untuk berteduh atau memancing. Disaat perut lapar disana juga tersedia nila bakar durian dan jajanan lainnya.




<< Kuliner Kota Ponorogo >>


Sate Ayam Ponorogo
Sate ayam ponorogo, makanan khas Ponorogo dengan bumbunya yang manis. Sate biasa dimakan dengan lontong sebagai pengganti nasi. Di Desa Setono sering disebut sebagai sentra pembuat sate hampir semua warga bekerja membuat sate. Dan jika berkunjung ke kota ponorogo jangan lupa mampir makan sate di pertigaan Jl. Soekarno Hatta atau Jl. Gajah Mada




Nasi Pecel
Nasi pecel memadukan daun pepaya, bayam, ketela, tauge, kenikir. Lalu ditambahkan dengan tempe, dan sambal kacang yang pedas mantaaaabb. Diatas sambal kacangnya diberi lamtoro (bhs. jawa) atau petai cina dan daun kemangi yang disebut trancam.





Dawet Jabung
         Dan terakhir makanan ponorogo, yaitu Dawet Jabung dawet berasal dari desa Jabung yaitu 7 km selatan kota ponorogo antara jetis - jeruksing. Dawet jabung dapat dinikmati dalam berbagai suasana terutama saat matahari terik pada siang hari.


Comments

Popular Posts